Informasi Perawatan Burung Kacer Jawa / Hitam

Burung Kacer Jawa ialah burung kacer yang aslinya dari pulau jawa dengan daerah sebaran lumayan luas dari barat sampai ke timur, tetapi populasi burung ini di habitatnya sangatlah susah diketemukan. Mengenai burung yang diketemukan dipasaran adalah burung hasil ternakan beberapa breeder kacer. Burung kacer ini sudah sempat moncer di tahun 2000-an, bahkan juga sampai ke sumatera burung ini banyak fansnya sebab burung ini mempunyai mental yang bagus dengan isian yang lebih beragam. Lalu seperti apa perawatannya? kesempatan ini akan coba papar dengan jelas.

Atas usaha breeder kacer itu, Kissawa mengemukakan animo yang sebesar-besarnya supaya burung itu masih terbangun kelestariannya.

Perawatan

Burung kacer hitam ialah type burung pemakan serangga, walau dalam perawatan bisa dikasih Voer, tetapi sebenarnya burung ini tidak dapat terlepas demikian saja dari serangga. Mengenai jumlahnya serangga yang bisa diberi bergantung dari potensi burung semasing, tetapi dalam satu hari rata-rata burung ini bisa konsumsi jangkrik fresh di antara 10-15. Jika di gabungkan dengan pemberian Voer karena itu jumlahnya itu dikurangi jadi seputar 7 ekor jangkrik tiap hari.

Untuk merangsang supaya burung cepat berkicau karena itu kita bisa memberikan telur semut rang-rang, mengenai jumlahnya kroto yang bisa kita beri seputar 1 sendok tiap hari.

Konon di sumatera sana ada penggemar burung kacer yang prestasi burungnya benar-benar moncer serta memenangkan beberapa moment nasional, M Khadafi ialah pemilik burung itu. Pemberian makanan tiap hari dengan memberikan full kroto. Mode perawatan ini memang menganakemaskan burung, tetapi dari sisi ekonomi tentunya benar-benar boros, ditambah lagi harga kroto terus melesat.

Seharian, burung kacer benar-benar suka pada bermain dengan air, hingga dalam perawatan juga kita tidak dapat meremehkan pemandian, mengenai langkah memandikan yang pas dengan masukkan burung ke keramba atau bak mandi.

Penjemuran burung kacer bisa dikerjakan dari jam 8 pagi sampai jam 10 siang, sebab burung ini termasuk juga burung yang menyukai dengan panas. jika memperoleh panas matahari yang cukup, burung kacer akan rajin berkicau, sebab penjemuran yang pas akan membuat burung makin sehat.

Sore hari, sesudah burung dikasih makan di angin-anginkan, selanjutnya di kerodong serta di simpan di tempat yang aman. Untuk memancing kicauan yang merdu serta variasi, burung kacer bisa dimasteri dengan beberapa type kicauan seperti suara burung kenari, burung jalak, burung cucak jenggot serta burung tledekan.