Panduan Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina Akurat

Sebetulnya ketidaksamaan Lovebird jantan serta betina itu benar-benar gampang di identifikasi, serta memperbedakan type kelamin pada burung peliharaan kecintaan ialah langkah awal sebelum pelihara burung itu untuk jadikan peliharaan. Ini penting untuk dipahami semua penggemar burung kicau sebelum mengawali untuk meminangnya bila ingin beli. Permasalahan berlaku untuk semua type burung apa pun, step awal kita dituntut untuk pahami type kelamin pada burung kecintaan kita, tetapi kesempatan ini saya akan mengulas dengan detil cuma untuk type burung lovebird saja.

Banyak yang mempunyai langkah sendiri untu memperbedakan type kelamin pada burung lovebird kacamata, sebab banyak ketidaksamaan serta opini mengenai ciri spesial untuk memperbedakan burung cinta itu. Berkaitan permasalahan ini saya berinisiatif untuk memberi ciri Ketidaksamaan Lovebird Jantan Serta Betina Tepat 99% pada posting pertemuan kesempatan ini.

Untuk memperbedakan type kelamin pada lovebird adalah pekerjaan yang susah-susah gampang, permasalahannya lovebird memiliki banyak macamnya. Jadi untuk type tersendiri kadang lebih gampang serta type yang lain kadang lebih susah. Serta antara yang ke-2 itu yang paling sulit ialah saat usia lovebird masih mencapai anakan, sebab bentuk badan belum kelihatan dengan relevan, langkah yang dipakai memperbedakan kelamin pada lovebird banyak yang memakai 2 langkah, yakni : ilmiah serta langkah simpel.

Ketidaksamaan lovebird Jantan serta betina yang berdasar penampakan luarnya saja (untuk type burung pada umumnya) dibedakan jadi tiga barisan lovebird. Ke-3 barisan yang ditujukan ialah seperti berikut :

Barisan Lovebird dimorfik (type kelaminnya benar-benar jelas serta bisa dibedakan),

Barisan Lovebird intermediate (type kelaminnya sedikit susah bisa dibedakan dari tampilan burung),

Barisan Lovebird kacamata (ketidaksamaan type kelaminnya tidak berkelanjutan).

Tetapi dengan catatan ke-3 barisan itu dapat dibedakan cukup dengan lihat penampilan luarnya saja, lihat penampilan luar adalah jalan keluar untuk memperbedakan type kelamin betina atau jantan pada semua type burung Lovebird. Untuk barisan type burung lovebird dimorfik, yakni diantaranya: type Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), type Lovebird Madagaskar (Agapornis cana) serta type Lovebird muka merah (Agapornis pullaria), benar-benar jelas serta bisa dibedakan di antara type kelamin jantan serta betina.

Serta untuk barisan yang lain seperti; type Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana), Memperbedakan di antara type kelamin betina serta jantan benar-benar susah dikerjakan dengan lihat penampilan luarnya saja, walau biasanya lovebird betina memiliki bulu dibagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Saat ini yang akan saya ulas ialah Ketidaksamaan lovebird Jantan serta betina untuk keempat type lovebird yang terhitung dalam barisan lovebird kacamata? 4 type itu diantaranya ialah: lovebird kacamata/lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata) serta lovebird fischer (Agapornis ficheri). Untuk keempat type burung lovebird kacamata ini memang sedikit susah untuk memperbedakan type kelaminnya, dengan penampilan yang hampir sama juga makin sulit untuk diidentifikasi type kelaminnya. Memang pada keempat type ini mempunyai ketidaksamaan berat tubuh di antara betina serta jantan, untuk lovebird betina memiliki ciri kekhasan sendiri yakni saat musim berkembang biak akan bawa bahan sarang dibawah bulu tunggir serta bulu punggung sisi bawah.

Ciri-Ciri Ketidaksamaan Lovebird Jantan Serta Betina

Beberapa ciri serta ketidaksamaan untuk memperbedakan type kelamin lovebird betina serta jantan di sini dengan langkah lihat penampilan luar serta ciri-ciri/perilaku. Cara itu banyak digunakan oleh beberapa penangkar burung professional, sebab langkah dipandang sebgai langkah yang paling relevan tingkat akurasinya sampai 90%. Berikut ini adalah beberapa ciri untuk memperbedakan type kelamin pada burung lovebird kacamata :

Gerombolan Lovebird Muda Yang Belum Teridentifikasi Jenkelnya

Pada Sisi kepala kelihatan lebih kecil serta bundar tapi rata (dalam bahasa Jawanya : papak) pada sisi atas.

Paruh kelihatan lebih kecil serta relatif lebih kering.

Badan memiliki ukuran lebih kecil di barisan sejenisnya.

Ekor akan berupa “V”.

Supit urang semakin lebih rapat, lebih keras serta terletak lebih dekat ke pangkal ekor (Jawa: brutu).

Waktu menempati kaki semakin lebih rapat.

Bila digenggam, lovebird kacamata jantan badannya berkesan tidak berisi/ mudah/ ramping.

Saat birahi berperilaku seperti ingin meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti ingin keluarkan makanan lewat paruh).

Ngekek lebih pendek.

Tingkah laku lebih lincah serta agresif.

Ciri-Ciri Pada Type Kelamin Lovebird Kacamata Betina :

Kepala semakin lebih besar serta mencolok/menjorok ke atas.

Ukuran paruh semakin besar serta relatif basah.

Ukuran badan semakin besar di barisan sejenisnya.

Pada ekor akan berupa “U”.

Keadaan supit urang (tulang pubis) semakin lebih rapat, lebih lebar serta lebih dekat ke tulang dada sisi bawah.

Waktu menempati jarak dua kaki akan melebar.

Bila digenggam, body lovebird kacamata betina berkesan berisi/berbobot/bundar.

Dalam waktu birahi berperilaku membuka-buka sayap “nggaruda”.

Ngekek semakin lebih panjang.

Tingkah laku lebih tenang serta berkesan malas-malasan

Ciri yang termudah serta relevan ialah, pada Lovebird betina akan menempati dengan jarak antar kaki lebih lebar dibanding dengan Lovebird jantan. Denganciri-ciri mengenai ketidaksamaan lovebird jantan serta betina karena itu yang bagus untuk dirawat/seting untuk ikuti lomba dalah lovebird betina. Tetapi beberapa ciri di atas ialah langkah memperbedakan dengan ukuran-ukuran yang relatif, tentunya tiap orang tidak bisa memperbedakan dengan dengan tentu, serta pengalaman jam terbak sangat penting untuk hal itu.

Rangkuman yang bisa kita mengambil ialah, langkah di atas adalah dikit guide untuk mebedakan di antara lovebird jantan serta betina, serta langkah berikut memang bisa tepat 99% bila dilakuakn oleh mereka yang banyak jam terbang di dunia perkicauan khususnya type burung lovebird itu. Serta ada langkah lain untuk memperbedakan type kelamin pada lovebird yang akrat 100%, dengan tes DNA, Tes ini dapat didapat dari darah atau bulu burung lovebird, Sesudah DNA diekstrak dengan larutan spesial serta proses-proses selanjutnya, hasilnya akan dipotret dengan Polaroid. Jika dalam hasil photo itu kelihatan ada dua pita karena itu lovebird itu bisa diyakinkan sejenis kelamin betina, apabila kelihatan cuma satu pita, karena itu lovebird itu dapat diyakinkan berkelamin jantan.