Air Cucian Beras Bisa Hilangkan Kutu Pada Bulu Burung

Kutu adalah satu diantara type penyakit yang seringkali menyerang burung kicauan. Burung yang terserang kutu akan menyebabkan perform burung jadi kurang optimal, serta lebih parahnya akan berefek jelek pada suara burung kicauan. 

Menangani Penyakit Kutu Pada Burung

Kutu yang bersarang pada bulu burung kicauan, akan tinggalkan rasa gatal yang mengagumkan. Hingga saat burung mulai merasakan gatal, karena itu burung akan mematuki bulunya dengan terus-terusan. Rasa gatal itu akan membuat burung susah berkonsentrasi, mengakibatkan burung jadi malas bunyi (berkicau).

Bila penyakit kutu burung dibiarkan kelamaan, karena itu bisa diyakinkan burung akan alami kebotakan serius. Untuk menangani penyakit kutu burung ini, sebetulnya bisa dikerjakan dengan beberapa langkah diantaranya dengan obat kutu spesial burung. Tetapi di sini kami tidak merekomendasikan pada Anda untuk memakai obat kimia, sebab pada intinya kutu burung bisa di hilangkan dengan beberapa bahan alami. Tersebut ramuan ajaib yang dapat Anda pakai waktu burung kicauan Anda terserang penyakit kutuan. 

Hilangkan kutu dengan ramuan air sisa cucian beras (tajin)

Air tajin (dalam bahasa Jawa) benar-benar sangat ampuh untuk menangani penyakit kutu. Air tajin dapat tembus susunan lilin pada bulu burung dimana tempat kutu serta telurnya bersarang. Waktu burung dimandikan dengan air tajin ini karena itu automatis air akan membasahi bulu burung serta tembus susunan lilinnya, hingga melepas kutu dan telur yang bersarang.

Langkah memakai ramuan air tajin ini benar-benar gampang, Anda perlu masukkan air tajin barusan dalam semprotan (sprayer) selanjutnya burung disemprot dengan air tajin. Anda dapat menyemprotnya lewat cara menggenggam burung atau menyemprotnya di luar sangkar. Kelak akan kelihatan kutu sebab keluar dari sarangnya.