Produk Ritel Diturunkan Oleh Hypermart

Hypermart, peritel moderen fast moving consumer goods (FMCG) yg dioperasikan oleh PT Matahari Putra Sempurna Tbk, turunkan harga lebih dari 5 ribu product yg di jualnya di semua Indonesia. Kebijakan ini mulai berlaku pada 23 Maret 2017 di semua gerai Hypermart.

" Arah kami buat kebijakan ini untuk memuaskan costumer setia Hypermart. Penurunan harga ini berlaku untuk semuanya gerai Hypermart dari Binjai hingga Jayapura, " kata Deputy CEO MPPA Carmelito J Regalado di Hypermart Karawaci Utara, Tangerang, Kamis (23/3).

Carmelito menyatakan, penurunan harga ini bukanlah satu promosi, tetapi kebijakan yg berlaku tetaplah serta selama-lamanya. " Di dalam situasi ekonomi yg tidak tentunya, costumer perlu jalan keluar supaya dapat penuhi semuanya keperluan hidupnya. Jalan keluar paling baik yaitu dengan turunkan harga untuk product rumah tangga, serta program penurunan harga dari Hypermart sebagai kebijakan yg pas, " kata dia.

Dia menerangkan, ada 5 ribu style product yg alami penurunan harga, dimulai dengan product kosmetik, minuman dan makanan, buah-buahan, sayur-sayuran, product pembersih, kecantikan, serta elektronik. Kisaran penurunan harga product itu beragam pada 10-50%.

Terkecuali kebijakan penurunan harga, kata dia, Hypermart sudah membuat program Hyper Vaganza untuk pelanggan setianya. Program ini telah berjalan dari tanggal 15 Desember 2016-9 Maret 2017.

Program Hyper Vaganza benar-benar menarik karna pelanggan yg mujur dapat berlibur ke 5 benua, yakni 2 pemenang ke Benua Amerika (New York), 4 Pemenang ke Benua Afrika (Cairo), 6 pemenang ke Benua Australia (Sydney), 8 pemenang ke benua Eropa (Paris), 10 pemenang ke Benua Asia (Hongkong).

" Pemenang Hyper Vaganza diumumkan pada tanggal 23 Maret 2016, " kata dia.

Carmelito menyampaikan, Hypermart selalu buat promo menarik supaya pelanggan makin penasaran.

Menurutnya, Hyper Vaganza memperoleh tanggapan yg cukup positif serta jadi promo besar besaran dari Hypermart. Untuk pelanggan yg tidak menang berlibur, miliki kesempatan memperoleh beberapa ratus voucher.

" Hypermart memiliki komitmen untuk jadi pemain ritel kebangaan Indonesia serta selalu memberi penawaran yg paling baik pada pelanggan setia, " kata dia.

Carmelito memberikan, Hypermart juga merencanakan menaikkan 10 gerai pada th. 2017. Gerai-gerai baru itu mau menaikkan keseluruhan semuanya gerai Hypermart yg sekarang ini menjangkau 113 gerai di 70 kota di semua Indonesia.

Gerai Hypermart, jelas dia, menterapkan rencana generasi ke-7 yg mendatangkan style rack baru, lorong lebih luas, lampu LED yg ramah lingkungan, ruang super nyaman, serta product lebih komplit. Satu gerai Hypermart dapat menelan investasi menjangkau Rp 50 miliar.

Carmelito optimis, industri ritel mau tumbuh pada th. ini. Sembuhnya situasi ekonomi Indonesia mau mendorong daya beli serta menaikkan keinginan product ritel.

Ketua Asosiasi Entrepreneur Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey terlebih dulu menyampaikan, Indonesia masih tetap jadi pasar ritel yg menarik. Elemen paling utama yg mendorong perkembangan ritel Indonesia yaitu jumlah masyarakat yg cukup besar, sejumlah 250 juta orang. Terlebih, sebagian besar masyarakat Indonesia konsumtif juga suka pada product baru.

" Ritel di Indonesia masih tetap memiliki prospek yg cukup cerah, karna pasarnya memanglah besar, " kata dia.

Roy menjelaskan, sepanjang costumer masih tetap memerlukan makanan serta barang rumah tangga, industri ritel akan tetaplah tumbuh. Atas basic itu, pasar ritel pada 2017 diprediksikan tumbuh sekitaran 12% jadi Rp 220 triliun.

Elemen paling utama yg mendorong penjualan ritel 2017, kata dia, yaitu perekonomian Indonesia yg diproyeksikan tumbuh level 5, 1%, lebih tinggi dari 2016 sebesar 5, 02%. Jika perekonomian tumbuh, mau menaikkan kemampuan bidang-sektor ekonomi, seperti ritel. Selain itu, dia menyatakan, inflasi tertangani, hingga dapat menaikkan daya beli costumer.

Menurutnya, industri ritel termasuk juga industri prioritas dalam perekonomian Indonesia. Sebab, kontribusinya pada product domestik bruto (PDB) telah dua digit. Di banyak negara berkembang, industri ritel juga jadi peran paling besar dalam perekonomian.

Dia memberikan, misalnya dibanding negara maju, industri ritel Indonesia masih tetap tumbuh positif. Sebab, di Amerika serikat, ritel cuma tumbuh satu digit, karna telah digantikan e-commerce.

Dia menyatakan, satu diantara trick pemain ritel th. ini untuk menggenjot omzet yaitu meningkatkan toko atau ekspansi ke Indonesia sisi timur. Sampai kini, pengembangan ritel di Indonesia sisi timur masih tetap belum juga 100%. Jadi lumrah saja misalnya banyak anggota Aprindo yg mau meningkatkan toko ke lokasi itu.

" Perekonomian Indonesia bukan sekedar di Jawa saja, akan tetapi juga di Indonesia sisi timur, " kata dia.

Dia menyatakan, Aprindo cuma memohon pemerintah membuat perlindungan peritel dengan memberi kebijakan yg mensupport, bukanlah memberi kebijakan yg mematikan. " Kami cuma perlu support dari pemerintah supaya ritel dapat tetaplah tumbuh berkepanjangan, " kata dia.