Teknologi Baru di Pabrik Cat Propan

PT Propan Dekorindo Raya (Group Propan Raya) resmikan pabrik baru berteknologi Rapid Production System (RPS) yang menghasilkan cat berbasiskan air dengan kemampuan 100. 000 ton per th. di Tangerang.

Nilai investasi pembangunan pabrik baru berada di Jalan Gatot Subroto Km 9, Tangerang itu sejumlah Rp250 miliar. Propan Dekorindo juga akan menghasilkan cat ramah lingkungan berbasiskan air (water based) di pabrik itu jadi komitmennya melindungi bumi dari pemanasan global.

Hendra Adidarma, Founder serta Presiden Direktur PT Propan Raya, menyebutkan, Dekorindo dibangun buat lebih mengutamakan pada produksi cat karna Propan Raya menginginkan menjaga jadi market leader khususnya di cat kayu (wood finis) .

“PT Propan Raya selalu jadi market leader dibidang cat kayu, bahkan juga jadi penyuplai cat kayu buat perusahaan nasional yang fokus export. Pembukaan pabrik cat ramah lingkungan ini sekalian adalah bentuk support PT Propan Raya pada peraturan pemerintah yang mencanangkan program Go Green. Kami sudah jadi market leade” ungkap Hendra.

Pabrik baru ini juga akan dioperasikan dengan mesin berteknologi paling baru bernama Rapid Production System (RPS) dari Jerman. Kris Adidarma, CEO PT Propan Raya, memaparkan kalau dengan tehnologi itu produksi dapat jadi sangat kencang yakni 25 ton per batch jangka waktu 4 jam, serta product yang dibuat stabil serta berkelanjutan, pemakaian SDM yang sedikit, fleksibel, irit ruangan, dan ramah lingkungan. Ia juga menyebutkan kalau Propan yaitu hanya satu yang memakai tehnologi RPS di Asia Pasifik.

“Dengan tehnologi ini, semua sistem produksi sampai barang jadi semakin lebih ramah lingkungan. Baru ada 3 pabrik yang memakai tehnologi RPS, 2 pabrik ada di Jerman serta 1 pabrik ada di Indonesia yakni punya PT Propan Raya ini, ” ungkap Kris.

Pabrik baru ini dapat menghasilkan 100. 000 ton per th. cat berbasiskan air. Dengan hal tersebut Propan punya tiga pabrik, serta menaikkan keseluruhan kemampuan produksi jadi 200. 000 ton per th.. “Dengan investasi yang besar ini, saya percaya Dekorindo jadi diantara pemain paling besar bagian cat di Indonesia serta kami dapat meyakinkan kwalitas kami dapat jadi nomor 1, ” tuturnya.

Beberapa product PT Propan Raya yang juga akan dibuat di pabrik ini di antaranya Decorshield, Decorcryl, Decorlotus, Eco Emulsion, Ecoshield, Ceria, Ultraproof, Aqua Syntetic Enamel Gofast A-1000, Marine Paint, Metal Protective Coating, Polymer Flooring, Waterproofing, Multipurpose Acrylux, Waterbased Wood Finishing For IKEA, serta yang lain.

Terkecuali kuasai market berbagi buat cat kayu sebesar lebih dari 50%, PT Propan Raya juga mulai meningkatkan product catnya ke cat dinding, cat besi, cat batu alam, cat mobil sampai cat kapal. Propan Raya juga didukung dari Kementerian Pariwisata jadi pelopor cat arsitektur nusantara.

“Propan sendiri market berbagi nya buat di cat kayu udah diatas 50%, kami udah jadi market leader di Indonesia serta Asia Tenggara. Tapi buat cat tembok memanglah bisa saja belum pula yang pertama karna kami baru mulai menggenjotnya sejak mulai 4 th. waktu lalu, tapi kami membidik dalam 3 th. ke depan dapat tingkatkan market berbagi hingga 20%-25%.